Kamis, 29 Juni 2017

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



Kerangka RPP Singkat

Nama Praktikum                     :           Delviana Goldeliva Mandeta
Tema pembelajaran                 :           Lingkungan
Tujuan pembelajaran               :           1. Menjelaskan materi tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
2. Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.


Waktu
Fase
Metode
Interaksi
Media
Guru
Siswa
10 menit
Motivasi
Tanya Jawab
Guru mengajak siswa menyanyikan lagu “ Lihat Kebunku”.
Siswa bernyanyi
Lirik lagu
Guru bertanya terkait lagu yang dinyanyikan.
1.      Apa judul dari lagu yang dinyanyikan?
2.      Apa-apa saja yang ada dalam lagu tersebut?
Siswa menyebutkan semua yang mereka ketehui dari lagu yang dinyanyikan
1.         Lihat Kebunku.
2.         Ada kebun, bunga, dan warna-wana dari bunga.

35 menit
Mengolah Pengetahuan
Ceramah
Guru menjelaskan materi tentang lingkungan sehat dan tidak sehat
Siswa menyimak



Pengamatan
Guru meminta siswa untuk mengamati pemandangan di luar kelas dan di dalam kelas kemudian mengajukan pertanyaan.
Siswa mengamati lingkungan sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.
Media langsung



Guru meminta siswa untuk membantu menempelkan gambar Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat

Siswa menempelkan gambar
Gambar lingkungan sehat dan tidak sehat



Guru meminta siswa untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
Siswa menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat

15 menit
Memastikan hasil pengetahuan
Diskusi
Guru membagikan Lembar Kerja Kelompok
Siswa berdiskusi dalam kelompok
LKS
Presentasi
Guru meminta perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompok mereka di depan kelas
Siswa mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka
Lembar Jawaban
10 menit
Memindahkan hasil pengetahuan
Ceramah
Guru memberikan pemahaman cara menjaga lingkungan sehat
siswa menyimak


Tidak ada komentar:

Posting Komentar