Kerangka
RPP Singkat
Nama Praktikum : Delviana Goldeliva Mandeta
Tema pembelajaran : Lingkungan
Tujuan pembelajaran : 1.
Menjelaskan materi tentang lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
2.
Menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat.
Waktu
|
Fase
|
Metode
|
Interaksi
|
Media
|
|
Guru
|
Siswa
|
||||
10
menit
|
Motivasi
|
Tanya
Jawab
|
Guru
mengajak siswa menyanyikan lagu “ Lihat Kebunku”.
|
Siswa
bernyanyi
|
Lirik
lagu
|
Guru
bertanya terkait lagu yang dinyanyikan.
1.
Apa judul dari lagu yang dinyanyikan?
2.
Apa-apa saja yang ada dalam lagu tersebut?
|
Siswa
menyebutkan semua yang mereka ketehui dari lagu yang dinyanyikan
1.
Lihat Kebunku.
2.
Ada kebun, bunga, dan warna-wana dari bunga.
|
|
|||
35
menit
|
Mengolah
Pengetahuan
|
Ceramah
|
Guru menjelaskan materi
tentang lingkungan sehat dan tidak sehat
|
Siswa
menyimak
|
|
|
|
Pengamatan
|
Guru meminta siswa
untuk mengamati pemandangan di luar kelas dan di dalam kelas kemudian
mengajukan pertanyaan.
|
Siswa
mengamati lingkungan sekolah baik di dalam maupun di luar kelas.
|
Media
langsung
|
|
|
|
Guru meminta siswa
untuk membantu menempelkan gambar Lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
|
Siswa
menempelkan gambar
|
Gambar
lingkungan sehat dan tidak sehat
|
|
|
|
Guru meminta siswa
untuk menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan lingkungan tidak sehat
|
Siswa
menyebutkan ciri-ciri lingkungan sehat dan tidak sehat
|
|
15
menit
|
Memastikan
hasil pengetahuan
|
Diskusi
|
Guru membagikan
Lembar Kerja Kelompok
|
Siswa
berdiskusi dalam kelompok
|
LKS
|
Presentasi
|
Guru meminta
perwakilan dari setiap kelompok untuk mempresentasekan hasil diskusi kelompok
mereka di depan kelas
|
Siswa
mempresentasikan hasil diskusi kelompok mereka
|
Lembar
Jawaban
|
||
10
menit
|
Memindahkan
hasil pengetahuan
|
Ceramah
|
Guru memberikan pemahaman
cara menjaga lingkungan sehat
|
siswa
menyimak
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar